Orang Kecil di Jalan Kecil

Renungan Sabtu 1 Oktober 2016

Pesta St. Teresia dari Kanak-Kanak Yesus

“Kegembiraan kita temukan tidak dalam hal-hal yang mengelilingi kita, melainkan dalam pusat jiwa.”

Bacaan: Ayb. 42:1-3,5-6,12-17;Mzm. 119:66,71,75,91,125,130;Luk. 10:17-24

Shalom semua sahabat dan saudara-saudari terkasih dalam Yesus Kristus, hari ini kita merayakan pesta St. Teresia dari Kanak-Kanak Yesus, perawan pujangga Gereja dan pelindung misi. Marilah kita belajar dari teladan St. Teresia yang mempunyai “Bukan saya mau menjadi sempurna, tetapi saya mau lebih menyerupai Kristus, lebih mirip seperti  Dia yang saya kasihi.” Kita bisa belajar menambah iman kita dengan mengikuti jalan kecil St. Teresia dan bermazmur: “Sinarilah hamba-Mu ya Tuhan, dengan wajah-Mu.”

Saudaraku terkasih, jika kita hidup dalam sinar kemuliaan Tuhan, kita benar-benar bisa mengalami kuasa-Nya yang sangat luar biasa, seperti Ayub yang melalui pergumulan hidupnya, akhirnya menyadari hadirnya kuasa Allah melalui pengalaman penderitaannya. Marilah kita belajar dari Ayub yang menjadi lebih sadar dan rendah hati dan tunduk kepada rencana Tuhan.

Kita semua adalah murid-murid Yesus pada jaman modern ini dan kita tetap harus melakukan tugas perutusan dengan hati yang penuh sukacita, selalu bergembira dalam Roh Kudus, selalu bersyukur jika kita dipilih dan dipakai menjadi saluran berkat Tuhan.

Marilah kita selalu bersyukur kepada Tuhan Yesus yang sudah memberikan kuasa kepada kita orang-orang kecil pilihan-Nya. Jangan sombong jika sukses dalam pewartaan, itu semua kasih karunia Tuhan, marilah kita mulai dari  hal-hal kecil dalam pewartaan melalui jalan kecil tetapi dengan motivasi hati yang benar, pasti Roh Kudus berkarya, pasti kuasa Tuhan melingkupi kita, pasti Firman Tuhan yang kita wartakan memberi terang dan memberi pengertian kepada orang-orang yang tidak mengerti, pasti Sabda Tuhan terjadi atas kita semua “Berbahagialah mata yang melihat apa yang kalian lihat.”

Doa:
Terima kasih Tuhan, Engkau membuka Kerajaan-Mu bagi orang kecil dan rendah hati. Terima kasih Tuhan, hari ini kami Engkau ingatkan untuk belajar dari St. Teresia dengan jalan kecilnya juga dari Ayub yang bertobat dan mengakui bahwa Engkau sanggup melakukan segala perkara. Terima kasih Tuhan, Engkau memberi kuasa bagi kami untuk melakukan tugas perutusan-Mu. Segala hormat dan pujian hanya bagi-Mu, kini dan sepanjang segala abad. Amin.

MGND

Image result for job 42:5