Firman Yang Hidup

Renungan Sabtu 8 Oktober 2016

Bacaan: Gal. 3:22-29; Mzm. 105:2-3,4-5,6-7; Luk. 11:27-28

Luk 11:28 Tetapi Ia berkata: “Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya.”

Seorang teman membagikan pengalaman di mana setiap siang hari ketika tokonya sedang sepi, dia biasa membaca Firman Tuhan. Walaupun dia tidak mengerti dia tetap membaca, bertahun-tahun dia lakukan membaca entah sudah berapa kali dia mengulanginya. Suatu hari ada seseorang sedang berkeluh kesah kepadanya, secara tiba-tiba dia dalam pikirannya muncul Firman Tuhan dan dia menyampaikannya, sehingga orang tersebut memperoleh kekuatan kembali. Begitu juga ketika dia mengalami masalah Firman Tuhan muncul kembali yang memberikan dia kekuatan, penghiburan serta damai sejahtera.

Sungguh Firman Allah itu hidup, walaupun kita tidak mengerti, namun ketika kita menyimpannya dalam hati maka Firman itu akan ada untuk memberikan kepastian dan menjauhkan kita dari dosa.

Suatu hari, ketika saya terburu-buru untuk pergi, saya meminta bantuan anak saya untuk menutup pintu yang dijawab ya oleh anak saya, tetapi anak saya tidak keluar dari kamar, di mana membuat saya ragu. Saya mulai teriak lagi karena terburu waktu, dan anak saya menjawab lagi ya tetapi tidak keluar dari kamar. Akhirnya saya yang menutup sendiri semua pintu. Dalam perjalanan hati saya sangat jengkel dan hendak menelpon anak saya dan memarahinya, tetapi Roh Kudus mengingatkan saya, “haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun” (Ul 6 : 7). Saya diam sejenak bersyukur untuk Firman yang mengingatkan saya dan memberikan kedamaian, kemudian saya menghubungi anak saya dan menjelaskan kalau lain kali tidak demikian, karena Mama kuatir kalau pintu tidak ditutup, dan anak saya dapat menerima serta berubah.

Oleh karena itu kunci untuk memperoleh kebahagiaan sejati adalah mendengarkan dan memelihara Firman Allah.
Setiap kita yang mau memelihara Firman Allah, akan menjadikan hati kita lembut. Sehingga setiap Firman yang kita baca akan tertanam dalam tanah yang subur yaitu bagian yang baik dari hati kita, dan Firman itu akan bekerja membantu kita dalam menyikapi berbagai persoalan kehidupan, menyelidiki hati kita, melindungi kita dan membantu kita dalam menyelesaikan masalah serta menguatkan dan menopang kita ketika lemah. Melalui Firman Allah kita dapat merasakan kehadiran Tuhan dan mendengarkan perkataan-Nya, yang mana dapat berupa jawaban dari masalah-masalah kita, janji-janji-Nya yang memberikan kita jaminan dan harapan baru yang berkuasa membuat kita tetap bertahan dalam kebenaran dengan penuh sukacita dalam berbagai situasi dan kondisi. (SWW).

Image result for living word of god