Buanglah Sampah Hatimu

Renungan Selasa 11 Oktober 2016

Bacaan: Gal. 4:31b – 5:6; Mzm. 119:41,43,44,45,47,48; Luk. 11:37-41

Seorang teman menceritakan kalau dia ingin rumahnya rapi dan bersih tetapi sulit karena pasangan hidupnya tidak memperbolehkan membuang barang-barang lama. Menurut dia barang-barang tersebut sebetulnya adalah sampah karena sudah tidak berguna dan justru mengganggu pemandangan.Image result for keep your heart clean

Injil hari ini berbicara sangat kuat kepada saya mengenai hidup rohani saya. Seperti halnya rumah yang tidak akan bersih ketika menyimpan sampah yang banyak demikian juga kekudusan tidak akan pernah saya peroleh dari ibadah yang berjam-jam, dengan banyak mengerti Firman Tuhan atau bahkan dengan pelayanan yang banyak kalau saya tidak mau membuang sampah dosa-dosa yang ada di hati saya. Saya bersyukur bahwa Tuhan sudah memberikan tempat pembuangan dosa yaitu kamar pengakuan tempat Sakramen Pengakuan Dosa.

Bacaan Injil ini juga mengingatkan saya akan kata-kata pembimbing retret dalam retret bersama 1 bulan yang lalu, kalau untuk membersihkan bagian luar tubuh kita setiap hari kita ingin mandi, mengapa saya tidak peduli dengan kebersihan yang di dalam tubuh saya yaitu jiwa yang merupakan inti hidup ini.

Doa: Tuhan terimakasih atas kerahiman-Mu yang mau selalu membersihkan bagian dalam dari hidupku, mohon rahmat kesadaran dan kekuatan dari-Mu Roh Kudus untuk selalu memiliki kerinduan membersihkan bagian dalam diriku.

FH