Bertekun Dalam Doa

Renungan Minggu 16 Oktober 2016

Bacaan: Kel. 17:8-13; Mzm. 121:1-2,3-4,5-6,7-8; 2Tim. 3:14-4:2; Luk. 18:1-8.

Melalui injil hari ini Yesus menginginkan para pengikut-Nya untuk berdoa dengan tidak jemu-jemu, agar para pengikut-Nya dapat melakukan kehendak Tuhan dalam hidupnya. Dari perumpamaan janda yang ulet ini kita belajar beberapa hal:

  1. Kita tidak putus asa dalam berdoa jika mungkin doa-doa kita belum dijawab oleh Tuhan, karena Bapa yang baik pasti akan menjawab doa-doa kita sesuai dengan waktu dan kehendak-Nya. Kalau hakim yang tidak takut akan Allah dan tidak menghormati seseorang pun akhirnya menangani kasus janda tersebut, apalagi Allah pasti akan menjawab dan memberikan yang terbaik untuk anak-anak-Nya.
  2. Dalam hidup ini kita mempunyai musuh (iblis), doa dapat melindungi kita dari si jahat (Mat 6: 13).
  3. Kita harus bertekun dalam doa sampai Yesus datang kembali. Karena hanya dengan demikianlah, jika Yesus datang kembali Ia akan menemukan iman di bumi.

Dari bacaan pertama pun kita diajak untuk merenungkan betapa besarnya kekuatan doa, ketika Musa mengangkat tangannya kepada Tuhan, maka lebih kuatlah bangsa Israel, tetapi apabila Musa menurunkan tangannya lebih kuatlah bangsa Amalek (Kel 17:11).

Dengan mengangkat tangannya kepada Allah, Musa menunjukkan ketergantungannya kepada Allah, demikian juga Allah sangat rindu kita para pengikut-Nya untuk bergantung, berserah dan hanya mengandalkan Allah, karena hanya dari Dialah kita mendapatkan pertolongan (Mzm 121:2).

Kita harus mengandalkan Dia dengan segenap hati dan mencari Dia untuk mendapatkan pertolongan pada waktunya. Dan jika kita menyerahkan diri kepada Tuhan, dengan tetap berdoa dan beriman hanya kepada Tuhan kita Yesus Kristus maka iman itu akan menyelamatkan kita (2 Tim 3:15).

Doa: Allah Bapa yang baik kami bersyukur karena melalui sabda-Mu hari ini, Engkau mengajarkan kami untuk tidak jemu-jemu dalam berdoa. Karena dengan selalu bersekutu dengan-Mu dalam doa kami akan keluar sebagai pemenang dalam hidup ini dan kami yakin bahwa pertolongan itu hanya dari pada-Mu dan Engkau akan menolong kami tepat pada waktunya. Mampukan kami untuk tidak jemu-jemu dalam berdoa. Amin.

MLEN

Image result for Luk 18:1