Apakah Dia Mengenalku?

Renungan Rabu 26 Oktober 2016

Bacaan: Ef. 6:1-9; Mzm. 145:10-11,12-13ab,13cd-14; Luk. 13:22-30

Lukas 13:26-30 Maka kamu akan berkata: Kami telah makan dan minum di hadapan-Mu dan Engkau telah mengajar di jalan-jalan kota kami. Tetapi Ia akan berkata kepadamu: Aku tidak tahu dari mana kamu datang, enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu sekalian yang melakukan kejahatan! Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi, apabila kamu akan melihat Abraham dan Ishak dan Yakub dan semua nabi di dalam Kerajaan Allah, tetapi kamu sendiri dicampakkan ke luar. Dan orang akan datang dari Timur dan Barat dan dari Utara dan Selatan dan mereka akan duduk makan di dalam Kerajaan Allah. Dan sesungguhnya ada orang yang terakhir yang akan menjadi orang yang terdahulu dan ada orang yang terdahulu yang akan menjadi orang yang terakhir.”

Saya sudah dibaptis menjadi seorang Katholik  sejak umur dua bulan, dan saya juga dididik dalam keluarga yang beriman Katholik , bahkan saya sekolah mulai SD sampai SMA di sekolah Katholik. Dan saat ini saya juga sudah ikut dalam pelayanan. Apakah itu semua adalah jaminan bagi saya bahwa saya sudah mengenal Tuhan Yesus?

Bacaan injil hari ini mengingatkan kita semua bahwa tidaklah cukup jaminan bagi kita jika kita hidup sebagai seorang Katholik sudah sekian puluh tahun lamanya, dan kita sudah aktif di dalam melayani pekerjaan Tuhan, kita juga mengikuti sakramen-sakramen yang diajarkan oleh ajaran iman Gereja Katholik, jika kita tidak pernah melibatkan Tuhan dalam hidup kita, tidak pernah memiliki relasi yang intim dengan Tuhan Yesus .

Bagaimanakah caranya kita membangun relasi yang intim dengan Tuhan Yesus? Yaitu melalui roda kehidupan Kristiani yaitu melalui doa, membaca firman,  berkomunitas dan dalam pelayanan.

Dan pada akhirnya akan menjadikan kita memiliki kerinduan bagaimana kita dalam kehidupan ini mau selalu menyenangkan hati Tuhan.

Doa: Terima kasih Tuhan karena Engkau lebih dahulu telah mencintai aku, dan menebus dosaku, dan mampukanlah aku agar aku dapat membalas kasih-Mu dan menjadikan Engkau yang terutama dalam hidupku. Amin. (CTS)

Image result for Luke 13:26