Siapa Mendengarkanmu, Ia Mendengarkan Aku

Renungan Jumat 30 September 2016

Bacaan: Ayb. 38:1,12-21; 39:36-38; Mzm. 139:1-3,7-8,9-10,13-14ab; Luk. 10:13-16

Kita sedang dihebohkan dengan Pilkada DKI yang mengusung 3 pasangan cagub-cawagub. Salah satunya adalah Pak AHOK yang terkenal kontroversial karena gebarakan pembaruan dan pembersihan yang ia lakukan untuk perbaikan Jakarta. Hasil kerja nyata sudah dapat dilihat dan dinikmati banyak orang – taman dan kali yang bersih. Beberapa tahun lalu saya pernah harus lewat di sepanjang kali yang disebut Kali Sekretaris dan melihat air yang hitam, kotor serta penuh sampah – bau menyengat masuk ke dalam mobil walau sudah memakai AC. Sekarang, tampilan sudah sangat berbeda. Ada pemimpin yang melakukan pekerjaan besar, tetapi malah banyak pihak yang kurang positif menerimanya bahkan berusaha menjegalnya.

Demikian pun yang terjadi dengan Yesus. Ia membuat mukjizat dengan tujuan untuk memperbaiki cara hidup manusia saat itu. Tetapi apa yang Ia dapatkan? Begitu geram Yesus sehingga dikecamnya kota-kota yang dilewatiNya.

Seandainya Yesus berkunjung ke tempat kita hari ini, kira-kira apa yang akan dikatakan Yesus? Apakah Ia juga akan memberikan peringatan seperti kepada kedua kota yang dikecam-Nya? Bagaimanakah kita akan menerima kehadiran Yesus? Kita tahu ke mana saja Yesus pergi di sanalah Ia melakukan perkara besar, mukjizat untuk memperlihatkan betapa besar kasih Allah kepada umat-Nya.

Yesus memanggil kita semua untuk mendengarkan dan menerima Kabar Baik, mengalami pekerjaan besar yang IA lakukan; mengikuti Dia dan berjalan dalam kebenaran. Apakah kita juga akan bersikap pura-pura tuli terhadap panggilan Yesus?

Doa:
“Tuhan Yesus, berikan kami hati dan iman seperti seorang anak kecil yang murni dan sederhana untuk menatap wajah-Mu dengan penuh sukacita dan percaya penuh akan kasih dan kerahiman-Mu. Bebaskanlah kami dari segala keraguan, kekhawatiran dan kesombongan diri yang dapat menghambat aliran rahmat kasih-Mu kepada kami. Mampukan kami untuk berpasrah dan dengan rendah hati berserah diri kepada-Mu saja. Jadikan kami yang bertelinga ini mampu mendengarkan Engkau. Amin.” (MM).

Image result for Luk10:16;