Kuasa Doa

Renungan Selasa 6 September 2016

KUASA DOA

Bacaan: 1Kor. 6:1-11; Mzm. 149:1-2,3-4,5-6a,9b; Luk. 6:12-19

Dalam Injil Lukas dikatakan bahwa Yesus berdoa semalaman kepada Allah. Mungkin ada yang bertanya, Yesus adalah Allah mengapa masih berdoa. Pertanyaan ini menarik dan memang membutuhkan penjelasan. Dalam hal Yesus naik ke bukit untuk berdoa kepada Allah semalam suntuk adalah sebagai persiapan untuk memilih kedua belas rasul dan untuk pelayanan selanjutnya, baik dalam pengajaran maupun penyembuhan orang sakit. Hal ini juga dapat diartikan Yesus memberikan contoh keteladanan kepada umat manusia khususnya bagi kita semua bahwa berdoa khususnya dalam situasi yang sangat penting, menjadi suatu keharusan.

Seperti kita ketahui bahwa para rasul yang dipilih Yesus adalah garda penjaga iman, maka perlu ketepatan dalam memilihnya. Walau demikian, Yudas Iskariot tetap dengan kehendak bebasnya memilih untuk menjadi pengkhianat. Itulah alasan Yesus berdoa semalaman kepada Allah yang harus kita ikuti sebagai teladan kita dalam mengikuti Yesus. Berdoa itu bukan sia-sia tetapi tetap bermakna. Dengan berdoa ditunjukkan betapa kecilnya manusia dan betapa besar Allah itu. Berdoa seharusnya menjadikan kita bisa membangun komunikasi dengan-Nya.

Bagaimana hidup doa kita ?
Kita sendirilah yang mengetahui.

Sebagai murid Yesus yang sudah dibaptis, dimurnikan dan dijadikan milik-Nya, kita juga diutus untuk menjadi pelayan-Nya dalam mewartakan keselamatan-Nya kepada sesama. Maka kita tidak bisa terlepas dari ketekunan dalam doa. Pelayanan yang disertai dengan doa yang kuat maka akan ada kuasa Allah yang bekerja di dalamnya. Kuasa Allah yang bekerja dalam diri kita juga akan melenyapkan segala kuasa yang jahat.

Doa:

Tuhan Yesus, semalaman Engkau berdoa kepada Bapa. Terima kasih ya Yesus Engkau telah memberi teladan kepada kami untuk selalu menjalin relasi yang akrab dengan Bapa juga selalu berdoa sebelum mengambil sebuah keputusan yang penting dalam hidup kami.

Allah Bapa yang Mahakasih hadirlah selalu dalam diri kami, agar di mana pun kami berada bisa mewartakan keselamatan-Mu kepada sesama. Kami tidak bisa berbuat apa-apa tanpa penyertaan-Mu. Kuatkanlah kami agar berani menjadi pewarta keselamatan-Mu kepada semua orang. Amin.

EH

Image result for man praying to god with rosary