Bagaimana Kita Berbuah

Bagaimana Kita Berbuah

Renungan Sabtu 10 September 2016

Bacaan: 1Kor. 10:14-22a; Mzm. 116:12-13,17-18; Luk. 6:43-49

Bacaan Injil Lukas hari ini mengenai pohon dengan buahnya dan bagaimana pohon itu berbuah.

“Karena tidak ada pohon yang baik yang menghasilkan buah yang tidak baik, dan juga tidak ada pohon yang tidak baik yang menghasilkan buah yang baik.” (Luk 6:43).

Image result for Luke 6:43

Kalau kita makan buah mangga yang manis pasti kita ingin tahu nama dan asalnya dari mana, misalnya “Mangga Gadung” yang terkenal enak dan diekspor, berasal dari Probolinggo, Jawa Timur. Setiap orang yang ingin menanam pasti mencari bibit pohon itu dari mana asalnya dan bagaimana cara mendapatkannya.

Yesus telah mengajar kepada kita bagaimana kita untuk berbuah dengan perumpamaan. Setiap orang yang datang kepada-Ku dan mendengarkan perkataan-Ku serta melakukannya, seperti orang yang membangun rumah di atas batu, kokoh dan kuat. Sama halnya kalau kita mendidik anak-anak kita untuk datang kepada Tuhan, mendengarkan firman Tuhan dan menjadi pelaku Firman untuk berbuah.

Pada awalnya saya tidak mengenal Tuhan dengan baik. Saya menganggap semua agama itu sama dan mengajarkan kebaikan. Tetapi sejak saya ikut dan masuk ke Sentra Evangelisasi Pribadi (SEP), istri dan anak-anak saya heran melihat perubahan saya yang menjadi lebih sering berdoa dan ke gereja. Ini adalah kesaksian anak-anak saya, sehingga mereka ingin tahu SEP itu apa dan diajari apa. Syukur pada Tuhan mereka pada akhirnya masuk SEP hingga selesai dan mereka saat ini juga ikut pelayanan di gereja.

Jadi kalau kita ingin berbuah resepnya cukup sederhana yaitu datang pada Tuhan, mendengarkan firman-Nya dan menjadi pelaku firman.

Amin.

SWK