Jangan Merasa Penting

Renungan Minggu 28 Agustus 2016

Bacaan: Sir. 3:17-18,20,28-29; Mzm. 68:4-5ac,6-7ab,10-11; Ibr. 12:18-19,22-24a; Luk. 14:1,7-14.

Luk 14:11 Sebab barangsiapa meninggikan diri akan direndahkan, dan barangsiapa merendahkan diri akan ditinggikan.

Yesus hari ini mengamati orang-orang yang MERASA penting, yaitu orang yang MERASA sudah melakukan banyak hal yang berguna bagi banyak orang, orang yang MERASA kalau tidak ada dirinya maka semuanya tidak akan berjalan dengan lancar, dan bahkan MERASA yang paling benar di hadapan Tuhan. Biasanya mereka ini haus akan kehormatan dan mereka memiliki harga diri yang begitu besar. Tetapi dengan berjalannya waktu orang-orang seperti ini mudah dilupakan karena sebetulnya mereka tidak menghasilkan apa-apa yang berguna selama masa hidupnya.

Apa perbedaan yang mendasar antara orang penting dan orang yang merasa penting. Orang penting adalah seseorang yang dianggap penting oleh orang lain. Sedangkan orang yang merasa penting adalah seseorang yang menganggap dirinya penting. Hari ini Yesus sedang membahas orang yang merasa dirinya penting sehingga menuntut adanya penghargaan.

Melalui Injil hari ini, Yesus mengajak kita untuk melihat panggilan kita masing-masing, tidak penting siapa kita tetapi yang penting adalah, apa yang sudah kita lakukan sesuai dengan panggilan kita. Gereja Katolik memiliki banyak pahlawan-pahlawan iman yaitu para Santo/Santa, mereka adalah orang-orang biasa yang dengan kesederhanaan dan kerendahan hati terus berusaha untuk tetap setia kepada panggilan hidupnya dan kepada Firman Tuhan sehingga mereka mampu melakukan hal-hal besar di mata Tuhan. Semoga kehidupan para Santo/Santa yang namanya kita pakai memberikan inspirasi dalam menjalani panggilan hidup kita. Tuhan Yesus memberkati.

MHP

Image result for Luke 14:11;