Melihat, Mendengar dan Mengalami Tuhan

Renungan Kamis 21 Juli 2016

Bacaan: Yer. 2:1-3,7-8,12-13; Mzm. 36:6-7ab,8-9,10-11; Mat. 13:10-17

Dalam mengajar murid-murid-Nya, Yesus sering menggunakan perumpamaan dalam menggambarkan Kerajaan Allah. Yesus menegaskan kepada murid-murid-Nya bahwa murid-Nya diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Surga sementara orang lain tidak. Walaupun mereka melihat dan mendengar, mereka tidak mengerti. Maka berbahagialah yang menjadi murid Yesus yang mempunyai karunia, akan diberi lagi, mereka yang tidak mempunyai apa pun, yang ada padanya akan diambil.

Kita sebagai murid Yesus sudah diberi karunia maka sebaiknya kita menggunakan karunia yang sudah diberikan Tuhan dalam hidup kita. Bagaimana kita dapat mengetahuinya? Melalui sabda-Nya yang kita baca setiap hari, kita renungkan dan kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat mengetahui rencana Tuhan dalam hidup pelayanan kita. Saat kita mampu melihat, mampu mendengar perintah Tuhan dalam hidup pelayanan kita, juga dibutuhkan sebuah ketaatan sehingga yang boleh kita lakukan hanyalah rencana Tuhan dalam hidup pelayanan kita, bukan rencana kita.

Maka berbahagialah orang yang dapat melihat, dapat mendengar dan dapat mengalami Tuhan dalam hidupnya sehari-hari. Bagaimana dengan diri kita masing-masing? Apakah kita dapat melihat, dapat mendengar dan apakah kita mampu melakukan?

Tuhan pun juga memberikan kepada saya karunia sejak saya masih muda, bahkan Tuhan pun berbicara melalui orang di sekitar saya. Bahkan Tuhan memakai orang di lingkungan pekerjaan saya. Tetapi walaupun saya sudah mendapatkan pewartaan berulang-ulang, masih tidak dapat melihat dan mendengar. Sampai pada suatu saat saya berkesempatan kursus di SEP. Sampai pada tahun ke-3 pun, saya tetap tidak berani melakukannya. Saya mulai dapat melihat dan dapat mendengar tapi saya tidak mempunyai ketaatan. Sehingga saya pun tidak dapat menggali karunia yang sudah diberikan Tuhan.

Bagaimana dengan hidup kita? Kita pun juga memperoleh karunia dari Allah. Apakah kita mau melakukan atau kita tidak melakukan sampai apa yang ada pada diri kita diambil?

Tuhan bantu setiap kami untuk dapat melihat, dapat mendengar dan dapat melakukan rencana-Mu dalam kehidupan kami melalui karunia yang sudah kau berikan kepada kami. Amin.

Tuhan Yesus memberkati.

KSM