Serve One Another

Renungan Rabu 25 Mei 2016

Bacaan: 1Ptr. 1:18-25; Mzm. 147:12-13,14-15,19-20; Mrk. 10:32-45

“Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu, dan barangsiapa ingin menjadi yang terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hamba untuk semuanya.” (Markus 10:43-44)

Dunia mengajarkan tentang ukuran keberhasilan atau kesuksesan. Di mana seseorang akan semakin dipandang ketika dia berhasil. Keberhasilan diukur dengan apa yang dipunyai, baik itu harta kekayaan atau jabatan. Semakin tinggi jabatan seseorang, secara tidak langsung ada rasa ingin dihormati dan ditinggikan.

Suatu ketika saya terpilih untuk mengetuai suatu organisasi kerohanian. Sebagai orang yang baru bergabung dan sudah langsung menjadi ketua membuat saya tidak banyak dikenal. Sehingga banyak orang yang meragukan kemampuan saya. Banyak hal yang saya lakukan, seringkali mendapatkan teguran atau koreksi. Sebagai seorang yang mempunyai pengalaman di organisasi, saya merasa bahwa hal ini tidak seharusnya terjadi. Saya berpikir bahwa seharusnya mereka menghormati saya sebagai ketua karena saya mempunyai posisi yang lebih tinggi dari mereka.

Tetapi ternyata hal itu justru terjadi terus sampai saya pada akhirnya menyadari bahwa sebenarnya semakin tinggi posisi saya, maka saya seharusnya semakin menjadi hamba. Apalagi ini organisasi kerohanian yang dipercayakan Tuhan untuk saya ketuai, maka sudah seharusnya saya menjadi pelayan bagi umat-umat di organisasi ini.

Demikianlah Tuhan Yesus sendiri mengatakan bahwa barangsiapa ingin menjadi besar hendaklah menjadi pelayan dan barangsiapa ingin menjadi terkemuka hendaklah menjadi hamba.

Rasul Petrus mengatakan supaya kita hendaklah bersungguh-sungguh saling mengasihi dengan segenap hati. Menjadi pelayan dan hamba bagi sesama niscaya akan terjadi, kalau ada kasih di dalam hati kita, dan kita mau sungguh-sungguh mengasihi dengan segenap hati.

Maka marilah kita mau mempunyai kasih dalam hati kita, supaya kita bisa menjadi hamba yang melayani dan mengasihi satu sama lain, supaya kita menjadi semakin besar dan terkemuka di mata Tuhan.

PDW