Percayakah Kamu Sekarang?

Renungan Senin 9 Mei 2016

Bacaan: Kis. 19:1-8; Mzm. 68:2-3,4-5ac,6-7ab; Yoh. 16:29-33

Shalom,
Seorang anak pastilah sangat mempercayai orang tuanya. Tidak ada anak yang bertanya kepada orang tuanya, “Hari ini, aku diberi makan atau tidak?” Karena mereka percaya penuh, tidak sangsi dan tidak perlu ditanyakan setiap saat. Beda dengan seorang pegawai, yang sekalipun tiap awal bulan pasti menerima gaji, tapi tetap was-was, sehingga selalu memeriksa rekeningnya setiap awal bulan. Kalau ternyata tanggal 1 jam 00.00, gajian belum masuk, pasti sudah kecewa dan menggerutu.

Percaya pada seseorang sangatlah tidak mudah, apalagi kondisi dunia saat ini yang serba susah dan harus bertahan hidup dengan berbagai cara. Percaya menjadi harga yang sangat mahal untuk dibeli.

Demikian pula dengan para murid, setelah sekian lama bersama dengan gurunya, Tuhan Yesus, ternyata masih ada juga kesangsian dalam hati mereka. Kata mereka, “Sekarang kami tahu, bahwa Engkau mengetahui segala sesuatu dan tidak perlu orang bertanya kepadaMu. Karena itu kami percaya, bahwa Engkau datang dari Allah.”

Tentu saja Tuhan kaget dengan pernyataan mereka. Ternyata selama ini, mereka tidak benar-benar mengenal Tuhan Yesus. Tetapi bagi Tuhan tidak ada istilah terlambat, lebih baik mereka mengenal-Nya saat Tuhan masih bersama dengan mereka. Dia tidak marah, bahkan memberikan janji-Nya, “….tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia.” Saat Tuhan berjanji inilah mereka sudah benar-benar mempercayai-Nya, sehingga kelak Tuhan berkenan mengirim Penghibur bagi para murid-Nya.

Saudaraku, janji Tuhan tidak hanya berlaku untuk mereka yang percaya kepada-Nya, bahkan bagi mereka yang menolak-Nya pun janji itu tetap berlaku. Contohnya adalah Saulus.

Mari terus percayai Tuhan Yesus, kita tidak berjuang sendirian di muka bumi ini. Roh Kudus dicurahkan bagi kita, agar kita mampu mengalami kemenangan di dunia ini.

Terima kasih Yesus, Engkau begitu sabar terhadap kami yang terkadang masih kurang mempercayaimu. Ampuni kami Tuhan dan jadikan hari ini kami berani menjawab tantangan-Mu bagi kami semua, “Percayakah kamu sekarang?”

Ya Tuhan, kami percaya. Amin.

BVJSW

1462629170392-127561540