Penyertaan Yang Sempurna

Renungan Jumat 6 Mei 2016

Bacaan: Kis. 18:9-18; Mzm. 47:2-3,4-5,6-7; Yoh. 16:20-23a

“Ketika Paulus ada di kota korintus, Tuhan berfirman kepadanya pada suatu malam di dalam suatu penglihatan, “Jangan takut! Teruslah memberitakan firman dan jangan diam! Sebab Aku menyertai engkau dan tidak ada seorang pun yang akan menjamah dan menganiaya engkau, sebab banyak umat-Ku di kota ini.”

images

Setiap orang yang sudah dibaptis mempunyai tugas untuk mewartakan firman, namun tugas pewartaan ini seringkali tidak disadari dan dilakukan. Ketika saya mulai mengerti dan menyadari bahwa saya diutus untuk memberitakan firman kepada siapa saja, di mana saja dan kapan saja, ada kerinduan yang besar untuk melakukannya. Tetapi hambatan yang terbesar adalah keraguan dan ketakutan, takut untuk ditolak, takut untuk tidak diterima terutama oleh orang-orang di sekitar saya, yang saya hormati, seperti orang yang lebih tua, orang yang menurut pandangan saya mempunyai kemampuan yang lebih dari saya.

Bacaan hari ini di mana Tuhan sendiri mengatakan: “Jangan takut! Teruslah memberitakan firman dan jangan diam! Sebab Aku menyertai engkau, ………….”, benar-benar memberikan kekuatan keberanian, serta penyadaran bahwa bukan karena kemampuan atau kepandaian yang saya punya sebagai dasar membawa kabar baik bagi orang di sekitar saya, tetapi semata-mata karena Rahmat Allah yang dicurahkan yang menyertai setiap pemberitaan firman di mana saja, kepada siapa saja, dan kapan saja saya lakukan.

Doa: Tuhan, terima kasih untuk setiap kesempatan yang Kau berikan kepadaku untuk menjadi pembawa kabar baik bagi sesamaku, Allah Roh Kudus sadarkanlah aku bahwa Engkau yang selalu hadir dan menyertaiku, sehingga aku tidak diliputi ketakutan dan kekuatiran dalam melakukan tugas perutusan yang harus aku lakukan. Amin.

LTS