Menjadi Saksi Kenaikan Kristus

Menjadi Saksi Kenaikan Kristus

Renungan Kamis 5 Mei 2016

Bacaan: Kis. 1:1-11; Mzm. 47:2-3,6-7,8-9; Ef. 1:17-23atau Ibr. 9:24-28; 10:19-23; Luk. 24:46-53

Selama Masa Paskah, kita seringkali mendengarkan Injil yang menceritakan penampakan Yesus Kristus yang telah bangkit dari antara orang mati. Kebangkitan-Nya telah kita rayakan 40 hari yang lalu. Hari ini kita merayakan kenaikan-Nya ke surga.

Kita yang saat ini merayakan Kenaikan Yesus sebenarnya juga merayakan kenaikan kita kelak, karena perayaan ini memberikan kepada kita harapan hidup bahwa ada kehidupan sesudah kehidupan di dunia ini. Yesus naik ke surga berarti memang surga itu ada. Kita punya destinasi yaitu Surga bukan Bumi (“Kenaikan Tuhan Yesus menyediakan tempat bagi kita”).

Waktu saya berada di Israel saya mengunjungi tempat di mana Yesus naik ke surga. Saat itu saya memejamkan mata saya sejenak, untuk membayangkan bahwa saya adalah salah satu di antara murid-murid pada saat itu. Pada saat itu saya teringat pada apa yang diajarkan Yesus sampai Ia terangkat. Yesus naik ke surga untuk kita semua. Dia punya ”Higher Goal” untuk kita, supaya kita menyelesaikan pekerjaan-Nya. Seperti yang dikatakan kepada para Rasul bahwa mereka adalah saksi-saksi akan peristiwa iman ini, demikian pula kita yang adalah murid-murid Kristus, adalah juga saksi-saksi akan kenaikan-Nya.

Sebagai saksi-saksi Kristus, maka Kristus menghendaki:

  • agar karya penyelamatan yang dilakukan-Nya bagi manusia diberitakan kepada semua orang;
  • agar semua orang mengerti bahwa Bapa mengasihi manusia dan mengharapkan mereka hidup dalam kemulian abadi di surga.

Inilah tanggung jawab yang Tuhan percayakan kepada kita sebagai murid-murid Kristus untuk menjadi saksi-saksi kenaikan Yesus.  Dengan penuh pengharapan dan sukacita, saya suatu saat nanti akan berada di dalam kemuliaan abadi bersama dengan Tuhan Yesus di surga.

Doa:
Ya Tuhan berikan kepadaku “Kasih” baik itu kepada Tuhan Yesus maupun kepada sesama. Mampukan aku untuk hidup sesuai dengan iman, menjadi pengikut Kristus yang menyaksikan kenaikan Yesus Kristus. Demi Yesus Tuhan dan pengantara kami. Amin.

SELAMAT MERAYAKAN KENAIKAN TUHAN YESUS KE SURGA!

JH

images