Apa Yang Kubutuhkan

Renungan Kamis 26 Mei 2016

Bacaan: 1Ptr. 2:2-5,9-12; Mzm. 100:2,3,4,5; Mrk. 10:46-52

Ada begitu banyak doa dan permohonan kita yang belum dijawab Tuhan. Mengapa? Karena begitu banyak yang kita mau yang kita doakan yang belum tentu kita butuhkan.

Sekarang kita mau melihat Bartimeus yang buta sedang meminta-minta di pinggir jalan ketika Yesus lewat. Ketika didengarnya ada Yesus orang Nazareth lewat, mulailah dia berseru: “Yesus anak Daud, kasihanilah aku!” Jawab Yesus: “Apa yang kau kehendaki Aku perbuat bagimu?” Jawab orang buta itu: “Rabuni, supaya aku dapat melihat!”

Bartimeus orang buta yang miskin yang kerjanya minta-minta di pinggir jalan tentu sangat banyak yang dia mau dan butuhkan untuk kenyamanan hidupnya. Namun Bartimeus sangat tahu apa yang paling dia butuhkan yaitu untuk dapat melihat. Mungkin Bartimeus berpikir, kalau dia dapat melihat dia dapat melakukan banyak hal untuk kelangsungan hidupnya.

Karena itu ketika dia ditanya oleh Yesus apa yang dia kehendaki Yesus perbuat untuk dia, maka langsung Bartimeus tanpa berpikir, karena dia tahu apa yang dia butuhkan yaitu supaya dia dapat melihat. Permohonan Bartimeus sangat tepat seperti yang diimaninya bahwa Yesus dapat menolongnya untuk dapat melihat. Maka Yesus mengabulkan doa Bartimeus ini.

Pada saat ini Yesus siap untuk setiap Anda dan saya untuk apa yang kita masing-masing butuhkan, sebagaimana Dia siap menolong Bartimeus dua ribu tahun yang lalu.

Doa: Ya Allah Roh Kudus bimbinglah kami dalam doa-doa kami untuk tahu apa yang kami butuhkan bukan yang kami mau. Sehingga kami dapat melihat dan mengalami Kerahiman Bapa bagi hidup kami masing-masing. Terima kasih Bapa, demi Kristus Tuhan dan pengantara kami, kami persembahkan doa ini penuh rasa syukur.

TMIST