Percayalah Kepada-Ku

Renungan Sabtu 23 April 2016

Bacaan: Kis. 13:44-52; Mzm. 98:1,2-3ab,3cd-4; Yoh. 14:7-14

PERCAYALAH  KEPADA-KU DAN APA YANG KAU MINTA AKAN KULAKUKAN

Dalam amanat perpisahan-Nya, Yesus berkata kepada murid-Nya: “Sekiranya kamu mengenal Aku pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku.” Filipus minta kepada Yesus untuk menunjukkan Bapa kepada mereka, para murid-Nya. Jawab Yesus, “Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, engkau tidak mengenal Aku. Barangsiapa melihat Aku, Ia telah melihat Bapa.”

Sebagai seorang Murid Yesus yang punya iman percaya, bukan bergantung dari berapa lama kita menjadi murid Kristus, tetapi bagaimana seorang murid mau belajar dengan seksama, memperhatikan dengan sungguh-sungguh setiap pekerjaan, perbuatan, pikiran dan kehendak Yesus. Yaitu dengan mengikuti teladan-Nya,  dengan melakukan semua pekerjaan Yesus dan menaati ajaran-Nya. Tetapi sering dalam perjalanan hidup kita sebagai murid Kristus, kita kurang melakukan rencana Tuhan. Yang sering kita lakukan adalah rencana kita sendiri, terutama dalam pelayanan kita.

Sebagai seorang murid Yesus, bertahun-tahun saya tidak mengikuti panggilan-Nya dalam pelayanan yang telah disiapkan buat saya. Saya telah melewatkan sebuah kesempatan yaitu kepercayaan yang Yesus berikan kepada saya. Tetapi Tuhan tidak pernah berhenti memanggil saya. Dan saat saya menerima panggilan-Nya, saya baru menyadari bahwa saya tidak bisa mengembalikan waktu yang sudah terlewatkan.

Saat kita sebagai murid Kristus, punya iman percaya, melakukan pekerjaan-pekerjaan yang Yesus lakukan, bahkan pekerjaan yang lebih besar juga dipercayakan kepada kita. Dan janji Yesus, apapun yang kita minta di dalam nama Yesus akan dikabulkan supaya nama Tuhan dimuliakan.

Doa: Bapa, bantu setiap kami, sebagai anak dan murid-Mu, supaya kami semua punya iman yang teguh dan dapat menanggapi panggilan-Mu dengan melakukan apa yang sudah Kau ajarkan kepada kami. Bantu setiap kami untuk mempunyai pikiran dan cara hidup seperti Engkau dan pada akhirnya kami mampu melakukan segala kehendak-Mu dalam hidup kami.

Tuhan Yesus memberkati.

KSM