Yesus adalah Terang Dunia

Renungan Senin 14 Maret 2016

Bacaan: T. Dan. 13:1-9,15-17,19-30,33-62;Mzm. 23:1-3a,3b-4,5,6.

Melalui injil ini (Yoh 8:12-20) Yesus menegaskan kepada kita, bahwa Dia adalah terang dunia bagi setiap orang yang percaya kepada-Nya, dan mengharapkan keselamatan. Jadi kalau kita ingin memperoleh terang dan keselamatan, kita harus dengan sungguh-sungguh mengikuti bimbingan-bimbingan dan ajaran-ajaranNya.

Di dalam Yohanes 8:13 , orang-orang Farisi yang kurang percaya pada Yesus, selalu mencari-cari kesalahanNya. Mereka selalu mempertanyakan identitas Yesus dan tidak mau masuk dalam ajaran dan pekerjaan Yesus. Karena itulah orang Farisi tidak dapat menemukan nilai nilai Ilahi yang dibawa oleh Tuhan Yesus.

Sahabat yang terkasih, kalau kita senantiasa masuk dalam nilai-nilai ajaran dan bimbingan Yesus, kita pasti bisa membawa terang dan keselamatan bagi orang-orang di sekitar kita.

Salah seorang kerabat saya, dia seorang pengusaha yang sukses, tetapi dia mempunyai perjalanan iman yang cukup panjang untuk mencari kebenaran yang sejati.

Sampai suatu saat, adik saya mengajak dia mengikuti persekutuan doa di Malang. Ketika dia didoakan, dia mengalami jamahan Roh Kudus dan menangis, kemudian setelah itu dia merasakan kelegaan. Dia menyatakan pada adik saya kalau ingin mengimani ajaran yang baru saja dia dengarkan. Adik saya memberi penjelasan bahwa iman Katolik tidak bisa diikuti hanya dengan baptis saja, kemudian tidak melakukan apa-apa. Dia pun berjanji untuk menjadi umat Katolik yang mau melangkah secara iman dalam kegiatan rohani dan pelayanan.

Satu tahun dia mengikuti pelajaran iman Katolik kemudian dibaptis. Ternyata dia benar-benar menepati janjinya, di mana dia aktif mengikuti ajaran-ajaran Tuhan Yesus, dia rajin datang ke gereja, aktif dalam kegiatan rohani, bergabung dalam tim doa dan aktif dalam kegiatan bakti sosial. Dan sekarang dia benar-benar bisa merasakan bahwa dia sudah menemukan damai dan terang dalam hidupnya.

Sahabat yang terkasih, untuk memperoleh terang dan keselamatan, kita harus terus-menerus mendengarkan dan mengerjakan apa saja yang diajarkan Tuhan Yesus pada kita. Tuhan Yesus adalah terang dunia yang menerangi kegelapan hati umat manusia.

Marilah kita terus memelihara terang itu agar keselamatan menyertai kita baik dalam dunia ini maupun kehidupan yang akan datang.

MFK