Menang Atas Iblis

Renungan Minggu 14 Februari 2016

Bacaan: Ul. 26:4-10; Mzm. 91:1-2,10-11,12-13,14-15; Rm. 10:8-13;Luk. 4:1-13

Dalam bacaan hari ini diceritakan bagaimana Yesus dibawa oleh Roh Kudus ke padang gurun dan di situ Ia dicobai oleh iblis. Ada tiga hal yang dikatakan oleh Yesus ketika dicobai oleh iblis. Pertama: “Manusia hidup bukan dari roti saja”. Yang kedua: “Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau harus berbakti!”. Yang ketiga : “Jangan engkau mencobai Tuhan, Allahmu!”.

Mengapa Yesus mengatakan demikian? Yang pertama karena Yesus ingin supaya kita sadar bahwa hal yang terpenting dan terutama supaya kita bisa hidup di dunia ini bukan soal makanan jasmani saja, tetapi juga makanan rohani, yaitu Firman Allah. Banyak di antara kita yang hanya memperhatikan makanan jasmani buat tubuhnya, tetapi lupa untuk memberikan makanan rohani bagi roh dan jiwanya.

Yang kedua Yesus ingin semua manusia di bumi ini menyembah dan berbakti kepada Tuhan saja, bukan menyembah kepada iblis demi mendapatkan kekayaan, kekuasaan, dan kesuksesan di dunia ini. Seringkali banyak di antara kita yang demi mendapatkan kekayaan, kekuasaan, kesuksesan dan popularitas meninggalkan Yesus dan tidak menyembah Tuhan lagi. Kita lebih sering memilih menyembah dunia dengan segala kuasa dan kemuliannya.

Yang ketiga Yesus ingin kita tidak mencobai Tuhan, Allah kita. Karena sering kali di dalam hidup ini kita mencobai Tuhan Allah, dengan melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan kehendak atau keinginan Tuhan tetapi mengharapkan berkat Tuhan turun atas diri kita.

Mari melalui perikop bacaan ini kita semua lebih semakin mengenal firman Tuhan, lebih menyembah Tuhan Allah kita di atas segala sesuatu di dunia ini dan jangan mencobai Tuhan kita. Tuhan memberkati kita semua.

MAZ