Ketidakpercayaan Yang Merugikan

Renungan Rabu 3 Februari 2016

Bacaan: 2Sam. 24:2,9-17; Mzm. 32:1-2,5,6,7; Mrk. 6:1-6

“Ia merasa heran atas ketidakpercayaan mereka.” Mrk. 6:6

Ketidakpercayaan Daud sehingga menghitung rakyat mengakibatkan hukuman Tuhan atas orang Israel, ketidakpercayaan jemaat di tempat asal Yesus mengakibatkan tidak ada mujizat, dan seringkali kita secara tidak sadar sering melakukannya.

Saat saya belajar di SEP, saya pun menilai guru dari luarnya saja. Sebelum mengajar, di hati saya kadang muncul pertanyaan apakah orang ini bisa mengajar, dan lain-lain, sehingga Tuhan menegur saya, tiba-tiba Roh Kudus mengingatkan kepada saya betapa Tuhan mencintai guru tersebut. Setelah saya membuka hati saya untuk mau mendengarkan pengajarannya, ternyata sharing iman dari guru tersebut justru menguatkan iman saya. Dari peristiwa tersebut saya belajar untuk percaya dalam setiap pengajaran, dalam setiap renungan firman, Tuhan bisa pakai siapa pun untuk menegur, membimbing bahkan meneguhkan setiap orang yang mendengarnya.

Kalau saja saya tetap tidak percaya, sungguh saya tidak mendapat apa-apa dan tidak melihat mujizat Tuhan. Tuhan Yesus kami mohon pengampunanMu, ajar kami untuk bisa percaya di dalam keterbatasan, Engkau sanggup berkarya tidak terbatas. Amin.

THW