Kuasa Roh Kudus

Renungan Selasa 12 Januari 2016

Bacaan: 1Sam. 1:9-20; MT. 1Sam. 2:1,4-5,6-7,8abcd; Mrk. 1:21b-28

Membaca perikop ini sungguh kuasa Yesus luar biasa, sehingga setan lari ketakutan meninggalkan yang dirasukinya. Ini terjadi karena:

  1. Yesus adalah anak Allah maka kuasa Allah juga memenuhi diri Yesus.

  2. Yesus dikandung dari Roh Kudus maka hidupNya dipenuhi dengan kuasa Roh Kudus sejak di dalam rahim Maria.

Kita hidup bukan lagi di jaman Yesus, namun bagi kita yang percaya pada Yesus dan dibaptis, kita punya kuasa yang sama. Kita pun juga sudah menerima Pencurahan Roh sehingga Roh Kudus secara penuh hadir dalam hidup kita. Kuasa Roh Kudus tetap sama di jaman Yesus maupun saat ini. Roh Kudus inilah yang berkarya dalam hidup kita masing-masing, asal kita mau melibatkan Roh Kudus. Maka tidak heran setan pun takut kalau kita mempergunakan kuasa Yesus, kita berdoa dalam nama Yesus dan mohon kuasa Yesus dalam masalah yang kita hadapi .

Mempersiapkan renungan ini saya teringat suatu peristiwa bulan Februari 1999 kami baru saja pindah ke daerah Dukuh Kupang. Sebagaimana kami biasa menghadiri misa harian pagi di Katedral, maka kami harus berangkat pukul 05.30 dari rumah ke Katedral. Ketika saya membuka pintu rumah untuk menuju pagar, saya terheran-heran karena tepat di depan pintu pagar kami ada beberapa wanita dengan pakaian seksi di pagi hari diantar oleh pria-pria. Terdengar canda tawa dan ucapan-ucapan yang bagi telinga kami aneh dan jorok. Ternyata banyak tetangga kami yang membuka rumah mereka sebagai kos-kosan untuk PSK. Sedih rasanya setiap pagi melihat PSK diturunkan di depan pintu pagar kami. Dalam perayaan Ekaristi, kami mempersembahkan masalah ini pada Yesus yang hadir. Lalu kami merasa ada bisikan Tuhan yang mengatakan bahwa kami memiliki kuasa untuk mendoakan mereka. Dengan kesadaran ini, maka beberapa kali kami melakukan doa di dalam mobil melewati rumah-rumah kos di daerah rumah kami itu. Kami berdoa dalam nama Yesus menyingkirlah semua PSK dari area sekitaran Dukuh Kupang ini. Luar biasa kuasa Tuhan bekerja, entah mulai kapan tapi yang pasti rumah-rumah kos itu dibeli oleh keluarga penghuni baru dan dibangun baru. Sekarang hampir 100% penghuninya dari keluarga baik-baik. Sekarang saya ikut bergabung dengan arisan PKK. Kami dari berbagai kepercayaan namun saling menghargai dan saling mengasihi.

Doa: Terima kasih Tuhan Yesus untuk kuasaMu yang luar biasa yang boleh kami alami. Tuhan, tolonglah kami untuk tetap setia bersatu dengan Engkau di dalam doa dan firman sehingga kami dapat mengerti semua rencana dan kehendakMu dalam hidup kami. Dalam nama Yesus kami berdoa dan mengucap syukur. Amin .

TMIT