SENTRA EVANGELISASI PRIBADI (dahulu: SEKOLAH EVANGELISASI PRIBADI) yang kemudian disingkat SEP adalah suatu wadah bagi umat Katolik untuk belajar bagaimana melaksanakan Amanat Agung Tuhan Yesus Kristus (Mat 28:18-20) dalam kehidupan sehari-hari.

Pelajaran yang diberikan dalam kelas Misi Evangelisasi berisi antara lain : 

  • Dasar-dasar pokok kebenaran iman Kristiani menurut Injil.
  • Pengertian dan penyadaran bahwa setiap umat Katolik menerima tugas untuk mewartakan Kabar Gembira kepada orang-orang yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari (evangelizing person to person).
    • E.N. 13, 14, Dekrit tentang Kerasulan Awam #2, # 3. —> 1 Kor 9:16 … jika aku memberitakan Injil, aku tidak mempunyai alasan untuk memegahkan diri. Sebab itu adalah keharusan bagiku. Celakalah aku, jika aku tidak memberitakan Injil.’
  • Cara-cara mendasar melaksanakan pewartaan Injil, sesuai dengan ensiklik “Evangelii Nuntiadi’ yang ditulis oleh Paus Paulus VI (Desember 1975) : 5 (lima) langkah memberitakan Injil.
  • Melakukan praktik mewartakan Kabar Gembira kepada orang lain (dengan melakukan praktek kunjungan rumah).

Kelas Misi Evangelisasi merupakan dasar pokok dari seluruh kurikulum SEP. Dasar ini diperdalam dan dikembangkan melalui kelas-kelas lanjutan. 

Metode pengajaran menghantarkan murid kepada pengalaman pribadi dengan Allah Tri Tunggal Mahakudus, sebelum membagikan pengalaman itu kepada orang lain, serta menambah wawasan pengetahuan dasar akan Kitab Suci dan Ajaran Gereja Katolik.

Para pengajar yang terdiri dari imam dan awam, senantiasa berpijak kepada Amanat Agung Tuhan Yesus Kristus yang tertulis di dalam Injil Matius 28:18-20 Yesus mendekati mereka dan berkata: “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.

Sentra Evangelisasi Pribadi, St. Yohanes Penginjil, BPK-PKK, Surabaya mengajak Anda untuk menjadi perantara Kristus dalam menyebarkan keharuman pengenalan akan DIA di mana-mana (2 Kor 2:14b), di tengah keluarga, di tengah lingkungan pekerjaan, di tengah lingkungan masyarakat, di antara teman-teman, di tengah kelompok rohani, di manapun Anda berada. 

Kelas Pengajaran yang diadakan di Sentra Evangelisasi Pribadi, St. Yohanes Penginjil, BPK-PKK, Surabaya, terdiri dari: 

  1. Kelas Misi Evangelisasi.
  2. Kelas Pemuridan.
  3. Kelas Oikos.
  4. Kelas Ajaran Gereja Katolik.
  5. Kelas-kelas jurusan (Pujian & Penyembahan, Pewarta, dll)

Pada setiap akhir periode pelajaran, siswa akan menerima : 

  • Laporan Hasil Belajar (Rapor)
  • Surat Pernyataan bahwa Siswa telah menyelesaikan pelajaran dan memenuhi kriteria yang ditentukan oleh SEP. (Tidak berfungsi menambah gelar kepelayanan apapun)