Memanggil Orang Berdosa

Hasil gambar untuk mark 2:17

Renungan Sabtu 13 Januari 2018

Bacaan: 1Sam. 9:1-4,17-19; 10:1a; Mzm. 21:2-3,4-5,6-7; Mrk. 2:13-17

Yesus mendengarnya dan berkata kepada mereka: “Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit; Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa.” (Mrk 2:17)

Pada saat kita belum mengenal Tuhan secara lebih mendalam di mana kita belum membangun relasi dalam doa dan firman serta belum belajar lebih dalam akan pengenalan Tuhan kita Yesus Kristus maka kita akan hidup sebagaimana orang dunia adanya.

Saya ingat waktu saya belum membangun relasi yang sungguh dengan Tuhan, saya sering mengandalkan diri sendiri dan mengandalkan pikiran-pikiran saya sendiri. Sehingga ketika melihat orang yang rajin ke gereja dan melakukan pelayanan tetapi hidupnya tidak mencerminkan hidup orang beriman maka dengan mudah saya  menghakimi mereka dan mengatakan bahwa mereka munafik. Hal ini terjadi karena ketidaktahuan saya akan firman Tuhan dan karena tidak adanya relasi.

Sekarang saya percaya bahwa belas kasih Tuhan terus melimpah pada mereka yang mana saya percaya suatu saat nanti mereka akan benar-benar menjadi pengikut Tuhan yang benar dan sejati karena Tuhan terus bekerja dalam hidup mereka.

Seringkali saya juga menjumpai orang yang diajak melayani dan aktif di gereja tetapi menolak dengan alasan bahwa mereka belum sanggup, masih banyak dosa atau berkata-kata seperti orang berhikmat, “Aku tidak mau jadi orang munafik karena aku masih banyak dosa dan belum bisa hidup baik.”

Kata-kata ini sebenarnya hanya kata-kata alasan karena mereka belum bisa memberikan waktu lebih banyak buat Tuhan atau karena ketidakmauan untuk mulai mendekat pada Tuhan. Mereka masih sibuk dengan diri mereka sendiri dan mengabaikan bahwa Tuhanlah yang selalu mencurahkan berkat pada mereka dan sudah seharusnya kita membalas kasih yang tak terhingga itu kepada Tuhan.

Firman hari ini bahwa “Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit. Aku datang bukan untuk memanggil orang benar melainkan orang berdosa!” Maka setiap orang yang tidak mau datang dan mendekat kepada Tuhan berarti sudah menganggap dirinya benar dan tidak berdosa. Tanpa pengakuan akan dosa maka orang tidak akan pernah bisa masuk dalam pertobatan.

Kita harus terus berdoa bagi mereka agar Tuhan membuka hati mereka. Hanya Tuhan yang dapat mengubah dan menyentuh hati mereka.

Doa: Tuhan Yesus berbelas kasihlah atas semua anak-anak Tuhan yang belum mau mendekatkan diri pada-Mu. Utuslah Roh Kudus untuk memberi jamahan-Mu bagi mereka agar mereka menanggapi panggilan-Mu untuk hidup dalam kasih-Mu. Amin. (VSH)