Apakah Yang Kamu Cari?

Renungan Minggu 14 Januari 2018

Bacaan: 1Sam. 3:3b-10,19; Mzm. 40:2,4ab,7-8a,8b-9,10; 1Kor. 6:13c-15a,17-20; Yoh. 1:35-42

APAKAH YANG KAMU CARI?

Tetapi Yesus menoleh ke belakang. Ia melihat, bahwa mereka mengikut Dia lalu berkata kepada mereka: “Apakah yang kamu cari?” Kata mereka kepada-Nya: “Rabi (artinya: Guru), di manakah Engkau tinggal?” (Yoh 1:38)

26 tahun yang lalu ketika saya baru menyelesaikan sekolah, saya bekerja di sebuah kantor yang saya inginkan saat itu karena dapat memberikan pengalaman kerja yang sangat bagus untuk menerapkan segala hal yang telah saya pelajari selama kuliah. Saat itu saya berpikir sebagai seorang sarjana di bidang konstruksi sungguh menyenangkan ketika bisa terlibat dalam perencanaan gedung-gedung yang prestisius.

Setelah beberapa lama bekerja, keinginan saya untuk menjadi seorang ahli konstruksi berubah menjadi seorang yang dapat menghasilkan uang sebanyak mungkin, maka saya segera mengundurkan diri dan mulai mengerjakan pekerjaan lain, apapun itu yang penting mendapat penghasilan besar.

Hari ini Tuhan Yesus memberikan pertanyaan kepada saya sebagai murid-Nya, “Apakah yang kamu cari?” Saya menjadikan Yesus Tuhan bukan untuk sukses duniawi, saya merindukan menjaga relasi dengan Tuhan karena saya ingin menjadi serupa dengan Dia dan ketika banyak kesibukan sehingga ada keinginan untuk meninggalkan pelayanan saya diingatkan bahwa melayani bukan karena mencari kesibukan.

Sabda Tuhan hari ini memurnikan kembali motivasi seseorang untuk mengikuti-Nya, dan pertanyaan ini perlu ditanyakan dengan sungguh-sungguh kepada diri kita masing-masing, sehingga setiap orang dapat menemukan jawaban yang teguh dan pasti.

Doa: Tuhan ketika aku goyah aku akan selalu mengingat akan pertanyaan-Mu, apa yang kamu cari. Amin. (FH)

Image result for what do you seek