Berubah Fungsi

Gambar terkait

Renungan Kamis 30 November 2017, Pesta St. Andreas Rasul

Bacaan: Rm. 10:9-18; Mzm. 19:2-3,4-5; Mat. 4:18-22.

BERUBAH FUNGSI

“Mari ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia” (Mat 4:19)

Simon dan Andreas adalah orang-orang yang sehari-hari melakukan aktivitas menangkap ikan untuk menghidupi keluarga dan dirinya, tetapi Tuhan Yesus memanggil mereka dan memberitahukan tujuan panggilan-Nya secara jelas dan spesifik.

Merenungkan sabda Tuhan hari ini, saya sudah menyadari bahwa Tuhan Yesus sendiri yang memanggil saya  untuk mengikuti Dia dan berubah sehingga memiliki karakter serupa dengan Dia. Tetapi seringkali saya  melupakan tujuan yang telah Tuhan berikan secara jelas bahwa Dia akan mengubah tujuan hidup, motivasi  dan tindakan saya. Tuhan menghendaki perubahan hidup saya yaitu dari bekerja untuk diri sendiri menjadi bekerja untuk Kerajaan Allah.

Menjadi penjala ikan adalah aktivitas pekerjaan, sedangkan untuk menjala manusia bagi Kerajaan Allah bukanlah soal aktivitas tetapi mengenai kehidupan. Hal ini menyangkut pola pikir, motivasi, cara hidup, perkataan dan akhirnya tujuan hidup.

Apakah hidup kita sudah mengalami perubahan tersebut? Ataukah kehidupan kita tetap dengan fungsi lama hanya dengan tambahan doa dan membaca firman?

FH